Oleh: Puspa Agustin
Menurut statistiknya, media sosial Instagram memiliki pengguna aktif bulanan lebih dari 600 juta, dengan tingkat keterlibatan tertinggi apabila dibandingkan dengan platform media lain. Memang platform media sosial yang satu ini relatif baru, tetapi seiring dengan pertumbuhan followers hingga algoritma Instagram yang terus berkembang, platform tersebut kini sudah mulai menarik perhatian para marketer di seluruh dunia.
Untuk dapat mengoptimalkan Instagram bagi marketing sebenarnya tidaklah mudah. Kamu harus menciptakan engagement rate yang bagus terlebih dahulu supaya dapat mengembangkan strategi marketing. Namun tenang saja, tetap ada banyak cara untuk meningkatkan engagement di Instagram. Salah satu cara terbaik sesuai algoritma Instagram, yaitu dengan membuat konten on-brand yang berkualitas tinggi.
Dengan membuat konten yang berkualitas, harapannya tentu saja semakin banyak orang yang melihat konten tersebut hingga akhirnya ikut berinteraksi. Bahkan bisa membuat pengguna Instagram selain followers bisa menemukan konten tersebut melalui fitur Search & Explore maupun Activity.
Tips Meningkatkan Insight Di Instagram

1. Gunakan Ciri Khas Tersendiri
Langkah pertama yang bisa membantu tingkatkan engagement instagram adalah dengan menggunakan ciri khas tersendiri. Tentunya ini tidak hanya terpaku pada satu model, melainkan bisa bermain pada pemilihan kata, font, hingga pemilihan warna atau sampai ke tahap jenis angle foto yang digunakan.
Tidak masalah menjadi sedikit berbeda daripada akun yang lain, daripada berada di zona nyamana dengan mengikuti konsep orang lain. Kalaupun ingin mengikuti, maka gunakan metode ATM yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi.
2. Rutin Mengunggah Konten
Tips selanjutnya ialah sebisa mungkin Anda konsisten dalam mengunggah konten di Instagram. Sebab, dilansir dari Hootsuite, salah satu hal yang dipertimbangkan oleh algoritma Instagram adalah postingan yang baru. Semakin baru kiriman, semakin besar kemungkinan mendapatkan engagement rate yang tinggi.
Oleh karena itu, kunci utamanya adalah konsisten dalam membuat content dan atau postingan. Jika perlu, buat jadwal posting agar teratur. Meski begitu, jangan terlalu sering menyajikan konten kepada audiens. Sebab, hal itu akan membuat akun Anda terlihat spam di mata mereka.
3. Gunakan Hashtag
Dilansir dari Influencer Marketing Hub, menggunakan hashtag pada postingan Anda di Instagram akan membantu meningkatkan engagement rate. Pasalnya, saat Anda menggunakan hashtag, postingan tersebut otomatis dapat dilihat oleh seluruh orang di dunia, bahkan yang bukan followers Anda.
Meski begitu, Anda harus perhatikan dengan baik saat menggunakan hashtag. Pastikan hashtag yang ditulis sesuai dengan postingan yang sedang ditampilkan. Jika tidak sesuai, hal tersebut justru akan membuat akun Anda berpotensi menerima shadowban dari Instagram. Berbeda dengan Twitter, di Instagram Anda dapat menggunakan hashtag sebanyak mungkin. Jadi, maksimalkan dengan baik.
4. Gunakan Fitur Reels dan Instastory
Fitur reels Instagram ini menjadi fitur yang lumayan menjanjikan untuk mendapatkan impresi. Karena jangkauannya lumayan luas, terlebih jika lihai memilih mana musik yang akan digunakan. Dalam metode ini, Anda dapat mempelajari reels seperti apa yang ramai, maka Anda bisa memanfaatkan sound-nya untuk membuat video.
Untuk instastory, Anda dapat menggunakan fitur polling atau Q&A hingga stiker untuk tingkatkan engagement Instagram. Trik ini terbilang ampuh, karena bisa tembus hingga 5 kali lipatnya penonton story biasa. Ini juga bisa untuk meningkatkan interaksi dan pastinya akan membantu menaikan engagement akun Instagram Anda.
5. Ajak Followers Untuk Interaksi
Sebuah ajakan bertindak yang kuat akan mendorong beberapa tingkat keterlibatan dan sebuah diskusi. Anda bisa menuliskan sebuah pendapat yang kuat dan mengundang sudut pandang kontras dari para pengikut di media sosial, atau hanya sekedar bertanya kepada pengikut Anda.
Tujuannya adalah untuk membuat pengikut berbicara di antara satu sama lain. Setelah Anda mendapatkan dua atau tiga komentar dan diskusi mulai berlangsung, Anda bisa turut terlibat dalam memberi pendapat. Berhati-hatilah agar jangan terlalu politis atau kontroversial.
6. Ikuti Trend
Tak bisa dimungkiri, dari waktu ke waktu pasti ada saja trend yang muncul, khususnya di media sosial Instagram. Nah, membuat postingan sesuai dengan trend yang sedang terjadi adalah salah satu tips yang ampuh untuk meningkatkan engagement rate di Instagram. Akan tetapi, pastikan hal yang menjadi trend tersebut memiliki relevansi terhadap produk atau layanan Anda.
7. Promosi Silang
Jika bisnis Anda memiliki platform selain Instagram, manfaatkanlah promosi silang dengan baik. Bagikan pos Instagram Anda di profil Twitter dan Facebook Anda seminimal mungkin, karena followers di sana akan mewakili demografi yang berbeda dan akan memiliki lebih banyak pilihan komentar. Apabila Anda memiliki jaringan dengan influencer terkenal, Anda mungkin juga dapat memanfaatkannya sebagai perluasan jaringan bagi perkembangan bisnis Anda.
Kesimpulan
Demikian 7 tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan insight di Instagram. Selain tips di atas, Anda masih bisa mempelajari hal-hal menarik lainnya seputar social media marketing di dengan mengikuti course online “Digital Marketing”.
Di kelas online tersebut, Anda akan dibimbing oleh expert di bidangnya. Setelah mengikuti course, Anda pun akan dapat melakukan content marketing & copywriting, seo & sem, social media marketing, digital marketing activation, dan sebagainya terhadap bisnis Anda. Hal itu tentu akan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan di era digital.
Sebab pada faktanya lebih dari 95% pengguna internet di Indonesia mengakses content video seperti Instagram, Youtube, Tiktok, dan Facebook. Sekitar 192.5 juta. Jika Anda berhasil membuat konten video yang viral mengenai produk Anda, bayangkan, berapa banyak penjualan Anda yang akan meningkat di antara 192.5 juta viewer tersebut.