Bisnis Miracle

Inilah Arti Kompetitor dalam Bisnis dan Tips Menghadapinya

Oleh: Puspa Agustin

Ketika menjalankan sebuah bisnis tentunya Anda akan memiliki rival atau kompetitor yang bisa saja mengancam perusahaan. Kompetitor bisnis adalah pihak yang menjadi pesaing dalam bisnis Anda. Sebenarnya, adanya kompetitor dalam sebuah bisnis merupakan sesuatu yang wajar dan lumrah.

Untuk itu, diperlukan segala persiapan yang matang agar bisnis yang Anda jalankan bisa merebut hati setiap konsumen. Terlebih lagi jika bisnis yang akan dibangun atau sudah berjalan memiliki produk atau jasa yang sudah banyak ditemukan dipasar. Maka diperlukan ide yang lebih baru dan cemerlang untuk menjalankannya.

Sebenarnya kompetitor bisa saja berarti baik atau buruk. Hal ini tergantung dari Anda menilainya. Sebab pesaing dapat menjadi sebuah ancaman atau menjadi benchmark untuk memperbaiki produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Apa Itu Kompetitor Bisnis?

Rival business man and woman compete for the command by pulling the rope Rival business man and woman compete in office for the command by pulling the rope business competitor stock pictures, royalty-free photos & images
Apa Itu Kompetitor Bisnis? Sumber: istockphoto.com

Kompetitor adalah individu, bisnis, tim, atau organisasi yang bersaing dengan Anda atau perusahaan Anda. Jika seseorang berupaya mengalahkan Anda dalam sebuah perlombaan, maka orang itu adalah rival Anda.

Kompetitor bisnis disebut juga sebagai pesaing usaha, yakni pihak lain yang ikut berkompetisi dengan Anda dalam memenangkan persaingan pasar. Dalam konteks ini, pihak tersebut menawarkan produk, baik barang maupun jasa, yang sama dengan produk Anda.

Kemunculan pesaing ini ada di setiap skala atau level bisnis, baik UMKM maupun perusahaan yang telah besar sekalipun. Maka dari itu, setiap pelaku usaha harus mampu menyikapi dengan bijak dan membuat perencanaan bisnis yang matang agar tak kalah dalam persaingan menguasai pangsa pasar.

Pun dengan adanya kompetitor sebaiknya Anda jadikan sebagai tantangan dan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Anda harus jeli dan memahami apa yang harus dilakukan kepada kompetitor tersebut. Kalau sekali saja Anda salah memperlakukan kompetitor bisa menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Pelanggan Anda bisa beralih ke lain hati dan lebih memilih kompetitor Anda tersebut.

Manfaat Adanya Kompetitor Bisnis

Business people running to finish, crossing red line. Happy businesswoman crossing finish line during race.    business competitor stock pictures, royalty-free photos & images
Manfaat Adanya Kompetitor Bisnis. Sumber: istockphoto.com

Jika dilihat dari sisi positifnya, kompetitor bisnis juga memberikan manfaat pada sebuah usaha. Bak asam garam kehidupan, yang membuat kehidupan semakin menarik. Berikut uraian manfaatnya.

1. Meningkatkan Performa Pebisnis

Dorongan yang kuat yang dirasakan oleh setiap pebisnis tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi performa suatu bisnis. Sehingga Anda akan menjadi semakin bersemangat untuk bisa mengejar kompetitor Anda, dan bahkan mendahului mereka. Dampak paling besar yang bisa Anda rasakan kemungkinan adalah keuntungan yang semakin meningkat, karena performa yang Anda berikan untuk bisnis Anda pun semakin besar.

2. Memberikan Motivasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa kompetitor memang mampu memberikan hal positif pada suatu bisnis, karena mereka mampu memacu Anda untuk bisa selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen. Mulai dari tingkat pelayanan, menjaga kualitas produk, hingga menciptakan suatu inovasi serta kreativitas yang baru pada bisnis Anda. Sebagai seorang pebisnis, nantinya Anda juga bisa melakukan evaluasi serta mendapatkan kekurangan yang selama ini dirasakan dan tidak disukai oleh konsumen Anda.

3. Selalu Berpikir Out of The Box

Agar tidak tertinggal dan selalu menjadi yang terbaik, pebisnis tidak boleh berada di dalam zona nyaman dan menerapkan strategi yang itu-itu saja. Dengan adanya kompetitor dalam bisnis yang Anda jalankan, dapat memacu Anda untuk keluar dari zona nyaman, melakukan inovasi, dan berpikirlah out of the box serta memutar strategi yang sudah ada. Anda pun tidak akan segan untuk mencoba hal-hal baru.

4. Mendapatkan Pelanggan Setia

Usaha-usaha yang sudah dilakukan sebelumnya ini tentu saja akan menghasilkan buah yang manis. Salah satunya yaitu hadirnya pelanggan-pelanggan setia. Pelayanan terbaik, kualitas produk yang dijaga, strategi-strategi marketing yang disesuaikan akan menjadi alasan utama seseorang akan bertahan dengan brand tertentu. Pelanggan pun akan merasa suaranya didengar karena bisnis ini terus memperbaiki dirinya untuk selalu mengikuti pasar.

Tips Menghadapi Kompetitor Bisnis

Ready, set, go! stock photo
Tips Menghadapi Kompetitor Bisnis. Sumber: istockphoto.com

1. Jangan Meremehkan Persaingan

Seringkali hal yang buruk terjadi karena kebiasaan menyepelekan sesuatu, termasuk kompetitor Anda. Kompetitor Anda tersebut mungkin memang pemain baru dalam bidang bisnis yang Anda geluti, namun jangan pernah menganggapnya enteng.

Tidak menutup kemungkinan kompetitor justru telah mempelajari kelemahan dari bisnis Anda, dan itu akan membantu mereka lebih cepat menjadi lebih besar. Di saat Anda masih santai dan menganggap kecil kompetitor kemungkinan besar mereka sudah siap-siap berlari dan menyalip bisnis Anda.

2. Jangan Menjadi Peniru

Satu hal penting yang harus Anda pegang adalah jangan menjadi peniru dari kompetitor. Sekalipun Anda melihat kelebihan konsep pada bisnis kompetitor jangan sampai menjadi plagiat. Jika Anda melakukannya justru akan merusak reputasi bisnis dan sudah membuat kompetitor menjadi pemenangnya.

Pelajari saja apa yang menjadi kelebihan konsep bisnis kompetitor Anda, lalu pikirkan bagaimana membuat konsep yang lebih bagus. Anda mungkin bisa mengembangkan konsep yang sudah diusung oleh kompetitor melalui sisi yang berbeda.

3. Tetap Waspada dengan Persaingan

Sebuah keuntungan jika masyarakat yang menjadi konsumen Anda tetap memilih produk Anda sekalipun sudah banyak kompetitor. Itu semua juga berkat kerja keras Anda dan tim dalam perusahaan membangun branding yang kuat.

Tetapi Anda tidak boleh berhenti sampai di situ saja. Ingatlah bahwa setiap hari akan muncul bisnis dan produk sejenis yang menjadi kompetitor Anda. Mungkin hari ini konsumen masih menyukai produk Anda, tapi siapa yang bisa menjamin itu akan berlangsung lama. Selera konsumen dinamis, sehingga bisa saja suatu saat meninggalkan Anda.

Maka Anda harus tetap waspada dengan kemungkinan munculnya kompetitor sehingga Anda tidak akan berhenti melakukan inovasi. Melakukan inovasi dalam sebuah bisnis menjadi salah satu faktor yang bisa membuat konsumen tetap loyal.

4. Tetaplah Bermain Bersih

Bagaimanapun kondisinya jangan pernah berpikir untuk mengalahkan kompetitor dengan cara kotor. Lebih baik lakukan evaluasi dan inovasi terhadap bisnis Anda, sehingga bisa menemukan cara terbaik untuk mengalahkan kompetitor. Bermain kotor hanya akan merusak citra dan reputasi bisnis Anda sendiri di mata masyarakat.

5. Buatlah Rencana untuk Masa Depan

Buatlah rencana jangka panjang untuk perusahaan Anda, karena bisnis yang merencanakan pertumbuhan akan lebih sukses daripada bisnis yang stagnan. Ikuti pula perkembangan, tren konsumen, dan berinvestasilah pada teknologi baru.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai kompetitor dalam bisnis beserta manfaat dan tips menghadapi kompetitor bisnis. Perlu diingat pesaing akan selalu ada, Anda tak sebaiknya menganggap remeh keberadaannya, pastikan Anda juga tidak abai dalam manajemen usaha yang dilakukan demi keberlangsungan bisnis Anda.

Agar perkembangan bisnis Anda semakin pesat dan tentunya dapat lebih menarik daripada kompetitor, Anda harus memanfaatkan kemajuan teknologi. Yaitu dengan menggunakan strategi digital marketing pada bisnis Anda, dijamin produk dari bisnis Anda akan semakin eksis dan banyak diminati konsumen.

Apabila Anda belum memahami hal-hal seputar digital marketing, Anda dapat mencari tahunya dalam course “Digital Marketing” sebelum Anda memulai bisnis. Digital marketing merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh oleh perusahaan untuk memasarkan bisnis yang sedang Anda kelola. Sebab aktivitas pemasaran memiliki nilai yang sangat penting dalam perusahaan dikarenakan pemasaran sangat menentukan berkembangnya bisnis Anda.

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Post Terbaru

Oleh: Puspa Agustin Tahukah Anda bahwa Google menawarkan berbagai jenis akun untuk beragam jenis pengguna? Google menyediakan dua jenis akun utama yang memiliki layanan yang sepenuhnya

Oleh: Wulan Trisna Sobat Vocasia sedang mencari-cari terbaik untuk belajar bisnis? Pas banget nih! Vocasia sudah merangkum 10 universitas terbaik di dunia untuk belajar bisnis. 10

Oleh: Puspa Agustin Apakah Anda tahu bisnis apa saja yang terkena peraturan AMDAL? Hal ini  penting untuk diketahui, karena bisa saja rencana usaha dan/atau kegiatan yang

Oleh: Wulan Trisna Ketika ingin merintis ataupun mengembangkan usaha, hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu? Pastinya modal bukan? Banyak orang merasa mereka tidak

Article Lama