Bisnis Miracle

Mengenal Perbedaan Antara Gmail Pribadi Dan Bisnis

Oleh: Puspa Agustin

Tahukah Anda bahwa Google menawarkan berbagai jenis akun untuk beragam jenis pengguna? Google menyediakan dua jenis akun utama yang memiliki layanan yang sepenuhnya terpisah yaitu, Gmail bisnis dan Gmail pribadi.

Baca Juga: Apa Itu Lingkungan Bisnis? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Bagi sebagian besar orang, pasti sangat mudah membedakan kedua Gmail tersebut. Apalagi ketika melihat fungsinya. Meski demikian ada beberapa perbedaan Gmail pribadi dan bisnis yang lebih spesifik dan kemungkinan besar belum Anda ketahui.

Baca Juga: 7 Peluang dan Tantangan Bisnis di Era Digital

Apa itu Gmail?

Apa Itu Gmail? Sumber: unsplash.com

Gmail adalah kependekan dari Google Mail. Gmail merupakan layanan dari Google yang berupa surat elektronik berbasis web. Pada saat diluncurkan Gmail menyediakan kapasitas yang cukup besar yakni 1 GB. Hal ini membuat heboh karena kapasitasnya dirasa tidak wajar. Saat ini pembuatan akun Gmail sangat penting karena akun Gmail dibutuhkan banyak orang untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Proposal Bisnis? Tujuan, Fungsi, Cara Membuat dan Contoh

Jika menilik dari sejarahnya, Gmail merupakan layanan milik Google yang didirikan oleh Paul Buchheit. Pada 1 April 2004, Gmail diluncurkan menggunakan system undangan berbentuk Beta. Pada 7 Februari 2007, Gmail sudah tersedia untuk public. Meskipun memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB, namun pesan pribadi bahkan lampiran hanya diatasi sampai 25 MB. Pengguna Gmail dapat mengaksesnya dalam bentuk HTTPS, protocol POP3 dan juga IMAP4.

Baca Juga: Pahami 5 Aspek Karakteristik Konsumen untuk Kepentingan Bisnis Anda

Sementara itu, ada dua akun berbeda dari Gmail yang ditawarkan oleh Google dan menyediakan layanan yang sama sekali berbeda kepada pengguna sebagai Gmail Pribadi dan Gmail bisnis atau organisasi.

Baca Juga: Ingin Bisnis Berkembang dan Mampu Bersaing? Kenali Market Penetration, Strategi, dan Manfaatnya

Gmail Pribadi

Gmail pribadi adalah jenis akun Google yang juga dikenal sebagai akun biasa yang biasanya gratis dan diakhiri dengan @gmail.com. Jenis akun ini tidak digunakan untuk tujuan bisnis. Akun Gmail pribadi terdiri dari nama pengguna dan sandi yang penting untuk masuk ke aplikasi Google konsumen seperti Documents, Sites, dan Maps.

Akun Gmail pribadi menyediakan akses ke semua produk dan layanan Google. Itu dapat dibuat dengan nomor ponsel atau alamat email apa pun. Dalam akun Gmail pribadi, Anda dapat mengunggah atau mengedit gambar profil dan informasi bio dan dapat melakukan lebih dari ratusan obrolan.

Melalui Gmail pribadi Anda pun dapat berbagi file dalam jumlah besar dari satu pengguna ke pengguna lain dengan mengirimkan file lampiran email. Akun pribadi ini hanya dikelola oleh pemilik akun tersebut.

Gmail Bisnis

Istilah ini juga dikenal sebagai Suite Gmail. Akun-akun yang dibuat di Gmail Bisnis memiliki fitur yang berbeda-beda dan digunakan untuk berbagai keperluan. Akun ini datang dalam edisi untuk bisnis dan perusahaan. Ada administrator yang mengelola semua akun organisasi dengan mengaitkan setiap edisi ini. Jenis akun ini digunakan untuk banyak organisasi pemerintah, pendidikan atau sekolah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Bisnis Terbaik di Dunia

Akun ini biasanya bebas iklan, pribadi dan sangat aman. Akun organisasi digunakan dan dikeluarkan dari @domain.com. Sebagian besar akun bisnis dijalankan di platform G-Suite dengan biaya lebih sedikit. Akun sepenuhnya dikontrol dan dikelola oleh administrator atau admin akun. Administrator mengizinkan akses ke pengguna terkait lainnya untuk memiliki akses ke Gmail, Kalender, Dokumen, Grup, dan Video.

Baca Juga:

Perbedaan Gmail Pribadi dan Bisnis

Perbedaan Gmail Pribadi dan Bisnis. Sumber: unsplash.com

1. Berdasarkan Penggunaan Nama Domain

Jika memakai Gmail bisnis, Anda dapat memakai nama domain sendiri atau nama bisnis seperti marketing@jayasejahtera.com, indrabagus@usahamakmur.com dan lainnya.

Sedangkan Gmail pribadi, hanya dapat memakai nama domain yang disediakan oleh pemberi layanan. Contohnya indrabagus@gmail.com, wahyuputra@yahoo.com dan seterusnya.

2. Berdasarkan Fungsi dan Peran

Perlu diketahui bahwa fungsi dan peran Gmail pribadi & bisnis merupaka saling berlawanan. Selain menjadi alat komunikasi, Gmail bisnis juga bisa berperan sebagai sarana promosi dan branding perusahaan. Nama perusahaan atau merek produk dapat terlihat dengan jelas ketika ada orang yang menerima maupun sedang mengirim Gmail. 

Baca Juga:

Sedangkan Gmail pribadi adalah email yang tujuan pembuatannya memang bertujuan untuk melakukan komunikasi pribadi. Misalnya dengan teman, saudara, keluarga dan sebagainya.

3. Berdasarkan Besaran Dana

Antara yang berbayar dan gratisan juga dapat menjadi perbedaan Gmail pribadi dan bisnis. Penggunaan Gmail bisnis selalu berbayar dan pada umumnya harga pemakaian tersebut didasarkan pada kelengkapan fitur, kapasitas penyimpanan data dan mutu layanan.

Beda dengan Gmail pribadi yang bersifat gratisan alias tidak berbayar. Anda bebas menggunakan layanan tersebut tanpa keluar biaya sedikitpun. Contohnya antara lain perusahaan raksasa Google yang menyediakan fasilitas Email gratis dengan domain @gmail.com. 

4. Berdasarkan Kapasitas Data

Oleh karena sifatnya yang berbayar, tentu saja Gmail bisnis selalu memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar. Makin besar dana yang Anda  bayarkan, semakin besar pula data yang bisa Anda kirim atau terima. Demikian pula dengan fitur serta mutu pelayanannya, pasti lebih lengkap dan berkualitas.

Lain dengan Gmail pribadi, biasanya hanya memiliki kapasitas data beberapa GB saja. Sehingga penggunaannya juga sangat terbatas. Bahkan ketika Anda ingin mengirim data, maksimal hanya beberapa puluh MB saja untuk satu kali pengiriman.

5. Berdasarkan Tingkat Kepercayaan

Boleh saja Anda mengirim konten promosi atau penawaran bisnis melalui Gmail pribadi. Akan tetapi jangan terlalu berharap apabila email tersebut langsung mendapat tanggapan positif dari penerima. Bahkan yang lebih parah lagi, banyak yang berpikir jika email tersebut adalah spam.

Hasil yang jauh berbeda akan Anda terima ketika menggunakan Gmail bisnis. Pihak penerima lebih yakin dan merasa mantap karena alamat email yang kalian gunakan berakhiran dengan nama domain perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Surat Bisnis: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Komponennya

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan Gmail pribadi dan bisnis. Semoga ulasan di atas bisa memberi manfaat untuk Anda. Khususnya bagi yang hendak berbisnis atau menekuni karier dalam bidang digital marketing.

Baca Juga: Wajib Tahu! 10 Peluang Usaha Agribisnis Yang Menjanjikan

Untuk menambah insight dan memperdalam skills seputar digital marketing, Anda bisa mengikuti course online Digital Marketing”. Dengan mengikuti kursus ini, Anda  dapat memahami fundamental digital marketing, dapat melakukan content marketing & copywriting, memanfaatkan SEO & SEM, memanfaatkan social media marketing, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Parfum: Peluang, Tantangan, dan Levelnya

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Post Terbaru

Oleh: Puspa Agustin Tahukah Anda bahwa Google menawarkan berbagai jenis akun untuk beragam jenis pengguna? Google menyediakan dua jenis akun utama yang memiliki layanan yang sepenuhnya

Oleh: Wulan Trisna Sobat Vocasia sedang mencari-cari terbaik untuk belajar bisnis? Pas banget nih! Vocasia sudah merangkum 10 universitas terbaik di dunia untuk belajar bisnis. 10

Oleh: Puspa Agustin Apakah Anda tahu bisnis apa saja yang terkena peraturan AMDAL? Hal ini  penting untuk diketahui, karena bisa saja rencana usaha dan/atau kegiatan yang

Oleh: Wulan Trisna Ketika ingin merintis ataupun mengembangkan usaha, hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu? Pastinya modal bukan? Banyak orang merasa mereka tidak

Article Lama